banner 120x600
banner 120x600
banner 728x250

Pemkab Konawe dan Bogor Akan Jalin Kerjasama Membuat Pakan Ternak

  • Bagikan
ist

REFERENSISULTRA.COM РPemerintah Kabupaten Konawe bakal kerjasama  dengan Pemerintah Kabupaten Bogor dalam hal membuat pakan ternak.

Hal itu, Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Harmin Ramba, saat mengahadiri undangan Bupati Bogor untuk pembahasan rencana kerjasama dalam proses pembuatan pakan ternak di Konawe, Senin, 08 Juli 2024.

“Tadi membahas dengan Bupati Bogor, kita ada rencana membangun pabrik pakan ternak di Konawe. Bogor ini punya pengalaman investasi. Sehingga hasil- hasil diskusi Saya dengan Pak Bupati Bogor cukup menarik. Insya Allah kita akan tindak lanjuti dengan pembahasan teknis ke depan,” ujar Harmin.

Lanjut Harmin, rencana pembangunan Pabrik Pakan Ternak tersebut, pihaknya telah menyediakan lahan yang cukup luas.

“Terkait lahan, sebenarnya sudah ada persiapan lahan, hanya dari rencana awal itu kita persiapkan namanya kawasan industri pertanian. Kita berharap lahan itu bisa sampai 300 Ha,” tuturnya.

Tentunya, kawasan industri pertanian tersebut, di dalamnya bakal dibangun pabrik pakan ternak.

“Saya kira manfaatnya besar, jadi petani tidak perlu lagi mencari rumput kemana- mana untuk pakan ternak. Jadi petani ini tidak perlu lagi mencari pakan ternak kemana- mana. Dan menurut perkiraan Pak Bupati pakan ternak ini sangat murah harganya cuma Rp 2.500 perkilogram dibanding perginya ambil rumput atau tanam rumput jauh lebih besar biayanya. Itu jadi manfaatnya besar. Kemudian ternak juga berkembang jauh lebih cepat dan lebih sehat,” ungkapnya.

Lebih lanjut Harmin mengungkapkan, usai menghadiri undangan Bupati Bogor itu, akan secepatnya ditindak lanjuti dengan MoU bersama Pemkab Bogor.

Sementara itu, Bupati Bogor, mengatakan, pihaknya sangat mendukung rencana kerjasama antara Pemkab Konawe dengan Bogor terkait proses pembuatan pakan ternak di Konawe.

“Dalam diskusi beberapa hal direncanakan bagaimana kita bersama- sama membangun Konawe, mengingat potensi lahan yang luar biasa luasnya,” jelasnya.

Lanjut Ia mengatakan, rencana kerjasama dengan Pemkab Konawe itu, akan ditindak lanjuti secara teknis.

“Konawe Saya rasa layak untuk dijadikan lokasi pembangunan pambrik pakan ternak. Yang bisa membantu nilai tamba bagi masyarakat. Lahannya di Kabupaten Konawe kemudian di situ kita siapkan alat teknologi, Insya Allah kita akan laksanakan,” tandasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *